Table Log Status Print PO (ME23N)

SAP –> ME23N –> NAST

Ni critanya lagi ubek-ubek SAP cari table yang memuat isi daripada log TCODE ME23N yaitu tcode untuk Purchase Order karena ada Change Request Form untuk report tersebut, seperti biasa, langsung saja saya menuju tempat bernaung para aktifis SAP,baik itu bagi user, fungsional maupun technical seperti biasa,  http://forums.sdn.sap.com karena di situlah paling banyak informasi mengenai  setelah ubek-ubek table akhirnya ketemu juga untuk table yang merecord atau lognya secara coba-coba akhirnya saya coba dari link berikut untuk informasi tablenya http://forums.sdn.sap.com/thread.jspa?threadID=729136 di situ di sebutkan table NAST untuk informasi message status. padahal sebelumnya saya udah coba-coba dengan menggunakan Tcode ST05 untuk Tracing command SQL di SAP, tapi kok ya belum match juga ya? berikut ini hasil tracenya :

image

ada beberapa object dalam hal ini table yang di akses oleh SAP, yaitu table CMFK dan CMFP setelah beberapa kali nyobaik kok gak nyambung2 juga ya, misal saya coba dengan informasi mengenai text vendor pada ME23N, tapi kok ya tetep meleset, bukan nomor PO yang bener. akhirnya dari link tersebut di atas saya coba table NAST tersebut, dan coba-coba mengamati apa yang related ya sama table tersebut sama kolom-kolom yang ada di table NAST… tengtong….. akhirnya ketemu juga yang related, yaitu kolom OBJKY atau object key, ya kolom ini berhubungan dengan nomor PO.

so disitu lah informasi PO sudah pernahbelum di printnya pada kolom status: 0 artinya belum di proses, 1 artinya sukses di proses dan 2 artinya tidak sukses. seperti pada gambar berikut :

image

Author: ceppek

Leave a Reply