Karena ada keluhan akan lambatnya sap BPC akhir-kahir ini,akhirnya kami putuskan untuk mencari solusinya; ada beberapa kemungkinan yang menjadi sebab lambatnya applikasi ini, diantaranya adalah:
1.Server
2.Konfigurasi server (BPC),
3.Design template.
Setelah mengurangi kemungkinan-kemungkinan load yang kira-kira menjadikan lambatnya applikasi ini. Analisa pertama adalah menuju ke servernya, dengan RAM 16GB dan Opteron 4 Core, terlihat bahwa pemakain atau LOAD RAM hanya menunjukan load yang tidak banyak alias cuman kepakai 2-3Gb saja, sedangkan untuk load dari processor tidak menunjukan load yang significan. dari sini saya simpulkan dari segi hardware tidak ada masalah.

Oke, analisa kedua saya tujukan ke settingan di server, di antaranya adalah script logicnya, langsung saja saya marking/comment script yg kira2 membuat load menjadi berat seperti script yang berfungsi untuk mencorversi nilai mata uang asing ke local currency. Dari sini tidak menjukan hasil yang significant
Yg ketiga adalah dengan patching dan upgrade server dengan patcing yang di ambil dari websitenya SAP
Dan saat ini masih berlangsung proses upgradenya kita lihat besok hasilnya………..
Bersambung ….

One Comment

  1. Selamat siang Pak/Bu, saya masih pemula dalam SAP BPC, kebetulan perusahaan saya menggunakannya.
    Apakah saya blh minta tutorial dasar ataupun klo bisa sampai advanced bagaimana menguasai SAP BPC ini, mengingat saya masih newbie banget soal SAP, dan dikuliahan tidak ada pernah materi tentang hal ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *