7 Tips Security Untuk Keamanan Laptop Dan Data Anda

Seiring menjamurnya pemakaian laptop di Indonesia, tentunya semakin menggerakkan sector indiustri IT dan semakin tidak tercegah ketergantungan kita akan IT dalam kehidupan sehari-hari, pengguna laptop bisa dari kalangan ibu-ibu rumah tangga sampai pelajarpun sekarang sudah memakai laptop, tidak hanya pekerja kantoran saja yg menggunakannya, jadi inget ponakan saya, yang masih duduk di bangku SMU yg tiap hari menggunakan Laptop untuk mengerjakan tugas membuat presentasi dari sekolahnya. Kalau waktu saya SMA dulu boro-boro laptop,pakai komputer jadul Pentium 1 udah senengnya minta ampun hehehe.
Akan sangat runyam bukan kalau laptop anda hilang dan data-data anda hilang juga, kalau anak SMU mungkin hanya dimarahin gurunya saja,lha kalau kalangan professional apalagi pekerja sector keuangan misalnya, tentu saja akan sangat bahaya kalau data-data keuangan hilang dan jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab?, untuk itu saya tulis beberapa tips yang semoga bisa membantu anda.
Beberapa tipsnya adalah:
1. Gunakan Laptop Lock
,barang ini bisa anda peroleh di toko accessories computer, mulai dari 100rebuan sampai 1juta juga ada, tergantung dari jenis bahanya dan kekuantan tentunya
2. Portable save
3. Laptop Locker
4. Pastikan password di BIOS computer anda, untuk mencegah orang lain menggunakan computer, jadi begitu nyala sebelum masuk windowsnya harus mengisi password teerlebih dahulu.
5. Password OS anda, missal windows anda. Dan gunakan password yg agak rumit, minimal gunakan kombinasi huruf besar dan kecil disertai angka dengan minimal 8 karakter
6. Gunakan software security pendukung lainnya semisal alarm laptop, atau folderlock untuk mencegah orang lain yg mau mebuka folder anda.
7. Dan jangan lupa selalu update windows dan pattern antivirus anda

Author: ceppek

Leave a Reply